Dinperinaker Fasilitasi Rekrutmen Calon Tenaga Kerja Perusahaan Permodalan di Pekalongan

Kota Pekalongan - Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) setempat terus berupaya menekan angka pengangguran di Kota Pekalongan. Hal ini dilakukan dengan terus menyampaikan informasi lowongan kerja kepada masyarakat dan memfasilitasi untuk proses seleksi rekrutmen calon tenaga kerja, salah satunya yakni perusahaan layanan permodalan berbasis kelompok, PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Mekar, berlangsung di Aula Dinperinaker setempat, Kamis (12/1/2023).

Kepala Dinperinaker Kota Pekalongan, Sri Budi Santoso menjelaskan bahwa, dalam proses rekrutmen ini, Dinperinaker Kota Pekalongan bekerjasama dengan PT PNM Mekar yang akan melakukan seleksi calon tenaga kerja untuk wilayah Kota Pekalongan. Menurutnya, seleksi ini merupakan proses seleksi kesekian kalinya dalam rangka memenuhi kebutuhan tenaga kerja di PT PNM Mekar.

"Kami menyambut baik dan berterimakasih atas upaya PT PNM Mekar yang pada hari ini melakukan proses rekrutmen calon tenaga kerja bagi warga Kota Pekalongan," ucap SBS, sapaan akrabnya.

SBS berharap, PT PNM Mekar ke depan semakin maju, sehingga akan semakin banyak lapangan pekerjaan yang terbuka luas untuk masyarakat Kota Pekalongan. SBS menilai, fasilitasi lokasi dan kerjasama ini merupakan salah satu upaya menjembatani  para angkatan kerja dengan perusahaan yang tengah mencari calon tenaga kerja terbaiknya.

  

"PT PNM Mekar melakukan proses seleksi rekrutmen calon tenaga kerjanya di Kantor Dinperinaker Kota Pekalongan. Jika ada perusahaan-perusahaan lain yang juga akan melakukan proses seleksi serupa, kami siap memfasilitasi untuk lokasi rekrutmen dan kerjasamanya. Biasanya perusahaan akan bersurat ke Dinperinaker atau Dinperinaker yang akan pro aktif juga untuk melakukan seleksi agar perusahaan bisa menyerap tenaga kerja dari Kota Pekalongan," tegasnya.

Sementara itu, SDM PT PNM Mekar untuk wilayah Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan, dan Kabupaten Pemalang, Danang Ardian Nofrianto menyebutkan, dalam proses rekrutmen PNM Mekar ini, perusahaan membuka 2 posisi yakni 100 orang Account Officer (AO) dan 20 orang Finance Administration Officer. Dimana, rekrutmen calon tenaga kerja di PT PNM Mekar dilakukan serentak seluruh Indonesia.

"Untuk Kota Pekalongan, pelamar kerja di kami tercatat di Dinperinaker setempat. Untuk selanjutnya, biasanya kami tes setiap minggu baik offline maupun online," ungkap Danang.

Disampaikan Danang, untuk pendaftar rekrutmen PT PNM Mekar di wilayah Kota Pekalongan yang telah masuk di data Dinperinaker baik secara online maupun offline ada sekitar 58 orang. Dimana, untuk offline tes nya dilakukan di Kantor Dinperinaker, sementara online tesnya dilaksanakan lewat website/link.

"Untuk tesnya berupa psikotest dan wawancara. Tes psikotest dilakukan by link, sementara tes wawancara kami lakukan interview langsung face to face dalam satu hari. Setelah diumumkan kelolosan peserta, minggu depan sudah mulai ditraining, dan di Hari Jumat atau Seninnya bisa langsung aktif. Nantinya, peserta yang diterima akan ditempatkan di kantor PT PNM Mekar sesuai kecamatan domisilinya masing-masing," pungkasnya.