DINPERINAKER KOTA PEKALONGAN MEMBERANGKATKAN TRANSMIGRAN KE KALIMANTAN UTARA

            Transmigrasi merupakan Program rutin yang dilakukan setahun sekali oleh Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kota Pekalongan, sukses mengundang minat para warga yang ingin memperbaiki kualitas hidupnya. Sebanyak 3 Kepala Keluarga mendaftarkan diri mengkuti program transmigrasi. Warga yang telah mendaftar mengikuti program transmigrasi diharapkan mampu mengubah kehidupanya ke arah yang lebih baik.

  

             Nantinya mereka akan menempati lahan di daerah UPT Tanjung Buka Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara. Di sana, mereka akan mendapatkan lahan untuk diolah dan dimanfaatkan sebagai sumber penghidupan. Untuk kegiatan Transmigrasi Tahun 2019, para calon transmigran akan mendapatkan fasilitas Rumah, Lahan seluas 2 ha ( 0,5 ha lahan siap pakai dan 1,5 ha yang harus diolah ), Jatah Hidup untuk 1,5 Tahun dan uang saku.

             Sebelum diberangkatkan ke lokasi tujuan, para transmigran mendapatkan pelatihan di Balai Latihan Masyarakat Jogjakarta dan Balai Latihan Kerja Klampok, Banjarnegara Jawa Tengah. Pemerintah Kota Pekalongan melalui Kepala Bidang Penempatan kerja dan Pelatihan Produktivitas memberikan arahan kepadas para transmigran yang selanjutnya diantar ke Wisma Transito Semarang untuk mendapatan pembekalan dari Provinsi Jawa Tengah serta menunggu proses pemberangkat esok hari dengan menggunakan Kapal.