Dinperinaker Salurkan Peserta Pelatihan BLK untuk OJT (On The Job Training)

Kota Pekalongan - Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) melalui Unit Pelayanan Teknis Daerah Balai Latihan Kerja (UPTD BLK) Kota Pekalongan menyalurkan peserta pelatihan APBN 1 di BLK untuk OJT di sejumlah instansi dan perusahaan. Adapun yang digandeng Dinperinaker seperti rumah sakit, dealer, mall, hotel, dan sebagainya.

Hal ini diungkapkan Kepala BLK Kota Pekalongan, Helmy Hendarsyah saat dikonfirmasi melalui telepon, Jumat (21/8/2023). "Kami mengirimkan sejumlah peserta alumni pelatihan APBN 1 untuk OJT. Yang sudah mulai aktif yakni peserta yang OJT di Ahass Kramat sari, RSUD Bendan, Yogya Mall, dan Hotel Dafam," sebut Helmy.

Diterangkan Helmy untuk yang OJT di Ahass yakni Jurusan Servis Sepeda Motor Injeksi, kemudian Jurusan Pembuatan Roti dan Kue OJT di Yogya Mall bagian pastry. Ada juga di RSUD Bendan bagian Administrasi serta Jurusan Perhotelan di Hotel Dafam.

"Kami berharap para peserta melanjutkan program OJT dapat menunjukkan kredibilitasnya sebagai alumni BLK sehingga nantinya dianggap pantas untuk terus berada dalam lingkungan perusahaan sebagai pekerja” ujar Helmy.

Menurut Helmy melalui OJT ini akan meningkatkan kapasitas peserta di dunia kerja. "Mereka akan semakin mahir dalam bidang atau jurusannya, tidak menutup kemungkinan juga mereka akan memiliki usaha di bidang atau jurusan yang mereka tekuni ini," ucap Helmy.

Dikatakan Helmy, peran aktif pemerintah daerah dalam hal ini pemkot melalui dinperinaker sangat dibutuhkan dalam menyukseskan program magang ini. Penempatan alumni peserta pelatihan untuk OJT di perusahaan ke depannya akan terus diupayakan.