Sering Terjadi Konflik Antara Pekerja dan Pengusaha, Dinperinaker Fasilitasi Penyelesaian dan Pencegahan Perselisihan Hubungan Industrial

       Salah satu tugas Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kota Pekalongan adalah memfasilitasi penyelesaian dan pencegahan perselisihan hubungan industrial. Latar belakang kegiatan ini adalah dalam pelaksanaan hubungan industrial dimungkinkan terjadi perbedaan persepsi dan penafsiran maupun tidak dilaksanakannya hak dan kewajiban sebagaimana yang diatur dalam perjanjian kerja/ peraturan perusahaan/ perjanjian kerja bersama / peraturan perundang-undangan yang berlaku oleh pengusaha maupun pekerja/buruh yang dapat berujung kepada terjadinya perselisihan hubungan industrial. Tujuan diselenggaraknnya kegiatan ini adalah untuk memfasilitasi / mencegah perselisihan hubungan industrial di perusahaan. Kegiatan fasilitasi penyelesaian dan pencegahan perselisihan hubungan industrial terdiri dari 2 sub kegiatan yaitu :

  1. Fasilitasi penyelesaian dan pencegahan perselisihan hubungan industrial

Dalam tahun 2018 bidang hubungan industrial telah menyelesaikan kasus perselisihan sebanyak 28 kasus pencegahan dan perselisihan hubungan industrial.

  1. Dialog sosial tentang perselisihan hubungan industrial

Kegiatan Dialog sosial tentang perselisihan hubungan industrial di Kota Pekalongan diselenggarakan di Hotel Indonesia, Jl. Gajah Mada Pekalongan pada tanggal 15 Mei 2018. Dialog sosial ini diadakan sebanyak 1 angkatan. Peserta dialog social sebanyak 130 orang terdiri dari unsur Serikat Pekerja/Serikat Buruh dan manajemen perusahaan. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kota Pekalongan. Dialog sosial ini diselenggarakan sebagai sarana untuk pencegahan perselisihan hubungan industrial. Adapun narasumber dalam kegiatan pembinaan ini adalah dari Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kota Pekalongan, Hakim Ad Hoc dari Pengadilan Hubungan Industrial, BPJS Kesehatan Cabang Pekalongan, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pekalongan dan Akademisi Universitas Pekalongan.

 

-adm Dinperinaker-