Struktur Organisasi & Tupoksi

        Berdasarkan Peraturan Daerah Kota Pekalongan Nomor 5 Tahun 2016 Tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah, Susunan Organisasi Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kota Pekalongan terdiri atas :

A. Kepala Dinas

B. Sekretariat, terdiri dari :

  1. Subbagian Perencanaan, Evaluasi dan Keuangan.
  2. Subbagian Umum dan Kepegawaian.

    Sekretariat mempunyai tugas menyelenggarakan pengelolaan administrasi umum dan kepegawaian, pengkoordinasian rencana program, kegiatan, anggaran, evaluasi dan pelaporan kinerja serta administrasi keuangan. Dalam melaksanakan tugas sekretariat mempunyai fungsi :

  • Perumusan sasaran, program dan kegiatan dinas.
  • Pengkoordinasian penyusunan kebijakan dinas.
  • Pengkoordinasian perencanaan dan pelaksanaan kegiatan bidang-bidang.
  • Pengkoordinasian penyusunan laporan dan evaluasi capaian kinerja, sasaran, program dan kegiatan.
  • Pembinaan pengelolaan administrasi umum meliputi ketatalaksanaan, ketatausahaan, kepegawaian, kehumasan, pengelolaan barang milik daerah, bahan kerjasama, sarana prasarana teknologi informasi, perpustakaan dan kearsipan.
  • Pengkoordinasian, pengelolaan, penatausahaan dan pelaporan bidang keuangan.
  • Pengkoordinasian pengelolaan data dan informasi.
  • Pengkoordinasian penyelesaian tindak lanjut hasil pemeriksaan.
  • Pengkoordinasian penyusunan, pelaksanaan dan pengevaluasian Standar Operasional Prosedur (SOP) dan atau Standar Pelayanan (SP).
  • Pengkoordinasian pelaporan Analisis Jabatan (ANJAB), Analisis Beban Kerja (SBK) dan Evaluasi Jabatan (EVJAB).
  • Pengendalian, pembinaan, pengevaluasian dan pelaporan pelaksanaan kegiatan.
  • Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang, tugas dan fungsinya.

Subbagian Perencanaan, Evaluasi dan Keuangan mempunyai tugas penyusunan bahan dan pelaksanaan koordinasi rencana program, kegiatan, amggaran, evaluasi dan pelaporan kinerja serta administrasi keuangan. Dalam melaksanakan tugas Subbagian Perencanaan, Evaluasi dan Keuangan menyelenggarakan fungsi ;

  • Penyusunan rencana kerja di bidang perencanaan, evaluasi dan keuangan.
  • Penyusunan bahan dan pelaksanaan koordinasi perencanaan program, kegiatan dan anggaran.
  • Penyusunan bahan dan pelaksanaan koordinasi dan evaluasi capaian program kegiatan dan anggaran.
  • Penyusunan bahan dan pelaksanaan koordinasi pelaporan capaian kinerja.
  • Pemverifikasian pengelolaan administrasi dan pertanggungjawaban pelaksanaan keuangan.
  • Pelaksanaan fungsi akuntansi.
  • Penyusunan bahan dan pengkoordinasian laporan keuangan.
  • Penyusunan bahan profil perangkat daerah.
  • Pengelolaan data dan informasi.
  • Penyusunan bahan tindak lanjut hasil pemeriksaan.
  • Penyusunan, pelaksanaan dan pengevaluasian Standar Operasional Prosedur  (SOP) dan atau Standar Pelayanan (SP).
  • Pengevaluasian dan pelaporan pelaksanaan kegiatan.
  • Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugas dan fungsinya.

Subbagian Umum dan Kepegawain mempunyai tugas melaksanakan pengelolaan administrasi umum dan kepegawaian. Dalam melaksanakan tugas Subbagian Umum dan Kepegawaian menyelenggarakan fungsi : 

  • Penyusunan rencana kerja di bidang administrasi umum dan kepegawaian.
  • Pelaksanaan dan pengelolaan kegiatan administrasi umum meliputi ketatausahaan, kepegawaian, kehumasan, pengelolaan barang milik daerah, bahan kerjasama, sarana prasarana teknologi informasi, perpustakaan dan kearsipan.
  • Pelaksanaan kegiatan tata kelola aset meliputi pengadaan, pencatatan, pemeliharaan, penghapusan dan pelaksanaan aset.
  • Pengelolaan, pengembangan dan pembinaan kepegawaian.
  • Pengelolaan serta penyusunan Standar Pelayanan (SP) dan Standar Operasional Prosedur (SOP).
  • Pengelolaan penyusunan Laporan Analisis Jabatan (ANJAB), Analisis Beban Kerja (ABK) dan Evaluasi Jabatan (EVJAB).
  • Pengevaluasian dan pelaporan pelaksanaan kegiatan.
  • Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugas dan fungsinya.

C. Bidang Penempatan Kerja, Pelatihan dan Produktivitas.

klik disini

D. Bidang Industri.

klik disini

E. Bidang Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial.

klik disini

F. UPTD Balai Latihan Kerja.

klik disini