Dinperinaker Ajak Pencari Kerja Gigih Berusaha

Dinperinaker Ajak Pencari Kerja Gigih Berusaha

Kota Pekalongan - Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) Kota Pekalongan mengajak para pencari kerja agar selalu gigih berusaha baik untuk memulai usaha sendiri atau ketika mencari pekerjaan. Pasalnya kesungguhan dan kerja keraslah yang akan membawa kesuksesan di masa mendatang.

Hal ini disampaikan Kepala Dinperinaker Kota Pekalongan, Dr Sri Budi Santoso,m MSi (SBS) saat memberikan pengarahan pada Sosialisasi dan Pelatihan bagi Pencari Kerja di SMKN 1 Pekalongan, Kamis (18/8/2022). Menurut SBS semakin banyak yang bekerja artinya produktivitas keluarga akan meningkat.

"Peserta sosialisasi yang hadir ini adalah para generasi muda. Usia muda ini menjadi modal ketika mencari pekerjaan atau memulai usaha. Banyak perusahaan yang mencari pekerjaan tapi membatasi usia pekerja. Ayo manfaatkan kesempatan ini," tutur SBS.

SBS berharap kesempatan emas usia muda disadari betul, tak harus bekerja pada orang lain tetapi bisa wirausaha atau bekerja sendiri. Ketika sudah wirausaha harapannya bisa sukses dan bisa memberi pekerjaan ke orang lain. "Ada tujuh jenis pekerjaan yakni berusaha sendiri, berusaha sendiri dibantu dengan pekerja tidak tetap atau dibantu keluarga, berusaha dibantu dengan pekerja tetap, bekerja sebagai pegawai atau buruh perusahan, pekerja lepas, dan pekerja keluarga, intinya tidak harus bekerja ke orang lain bisa berusaha sendiri," sebut SBS.



Kaitannya dengan membuka usaha SBS menekankan agar wirausaha mempelajari betul seluk beluk usaha, yang ingin berkarir menjadi profesional atau mengumpulkan modal juga bisa. "Apapun itu yang terpenting adalah kegigihan dan kesungguhan baik mencari pekerjaan atau sudah bekerja dan membuka usaha atau mengembangkan usaha, proses harus diringi semangat dan kerja keras. Selalu rendah hati dan terus belajar, adaptasilah dengan teknologi dan kemajuan saat ini," ujar SBS 

Sumber : https://pekalongankota.go.id/berita/dinperinaker-ajak-pencari-kerja-gigih-berusaha.html 


Pada sosialisasi ini ada Asosiasi HRD Kota Pekalongan yang menyampaikan kiat-kiat diterima bekerja di perusahaan. Dipaparkan pula situ-situs job terpercaya. "Namun jangan hanya andalkan mencari pekerjaan melalui online, offline juga perlu dilakukan," pungkas SBS.

(Tim Komunikasi Publik Dinkinfo Kota Pekalongan)