Dinperinaker Lepas Keberangkatan Transmigran

Pemkot Lepas Keberangkatan Transmigran

Kota Pekalongan - Tahun 2022 ini, Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) memberangkatkan 1 KK calon transmigran asal Kota Pekalongan dalam Program Pemerataan Penduduk Melalui Transmigrasi. 

Kepala Dinperinaker Kota Pekalongan, Dr Sri Budi Santoso MSi (SBS) melepas transmigran asal Kota Pekalongan di Aula Dinperinaker, Kamis (18/8/2022). Transmigran terdiri atas 6 orang dengan kepala keluarga atas nama Waidun (38 tahun) dengan seorang istri dan 4 orang anaknya. Mereka adalah warga Pandam Arum Pantai Sari, Kelurahan Panjang Baru, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan. 

SBS berharap transmigran asal Kota Pekalongan ini dapat berhasil. SBS berpesan agar Waidun dapat menjaga niat untuk mencari kehidupan yang lebih baik. "Terus berusaha meskipun tantangan di sana tidak ringan, Inshalah dengan niat baik dan rendah hati, mau menjalin hubungan baik dengan tetangga di sana tentu akan diberikan kemudahan di Gorontalo," tutur SBS.

Dikatakan SBS, transmigran sudah disiapkan rumah dan lahan terbuka, transmigran harus mengolah dan mengenali lingkungan di sana. Ini membutuhkan semangat dan kerja keras. "Tetap jaga keluarga, jaga kesehatan, dan sekolahkan anak di sana. Mudah-mudahan berhasil dan dapat penghidupan yang lebih baik," kata SBS.

SBS menyampaikan terima kasih kepada Waidun yang telah bertekad mengikuti program transmigrasi ini. "Dari APBD ada uang saku untuk Waidun sekeluarga sebesar Rp10 juta, semoga dapat membantu," tukas SBS.



Sementara itu, Kepala Bidang Penempatan Kerja, Pelatihan, dan Produktivitas (Pentalatas), Sri Haryati SSos MM menjelaskan bahwa, untuk tahun 2022 ini, Kota Pekalongan melalui kegiatan pelayanan kerja antar daerah kabupaten/kota di Indonesia, telah menyeleksi calon transmigran tahun 2022 dan mengirimkan data ke Kemendes PDTT melalui Disnakertrans Provinsi Jawa Tengah. Usai mengikuti serangkaian tes dan persyaratan, Haryati menyebutkan ada 1 KK calon transmigran yang akan diberangkatkan ke lokasi tujuan transmigran tahun 2022 yakni di Kawasan Permukiman UPT Motihelumo, Kecamatan Sumalata Timur, Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo. Di lokasi tersebut dikembangkan dengan pola Transmigrasi Umum-Tanaman Pangan Lahan Kering (TU-TPLK) dengan satuan pemukiman SP Baru.

“Untuk tahun 2022 ini ada 1 KK yang akan berangkat sebagai calon transmigran asal Kota Pekalongan, tanggal 19 Agustus ini transmigran sudah harus di BLK Jawa Tengah dan pada 21 Agustus berangkat dari Bandara A Yani Semarang," terang Haryati.

Haryati menyebutkan transmigran akan mendapatkan fasilitasi rumah tinggal, lahan pekarangan, lahan usaha, mendapatkan jaminan hidup, bimbingan dan pelatihan dalam mengembangkan usaha, bimbingan dan pelayanan sosial kemasyarakatan, mendapat uang saku yang dianggarkan oleh APBD Kota Pekalongan sebesar Rp10 juta,” pungkas Haryati.

Sumber : https://pekalongankota.go.id/berita/pemkot-lepas-keberangkatan-transmigran.html