Dinperinaker Mengadakan Pelatihan Kerja di Lapas

WBP Miliki Sertifikat Keterampilan Menjahit dan Las

Kota Pekalongan – Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) Kota Pekalongan mendukung pelatihan kerja bidang menjahit dan las untuk mendukung perkembangan industri pengolahan, khususnya batik dan logam/ besi. Pelatihan bidang menjahit dan las salah satunya dilaksanakan oleh Lapas Kelas II A Pekalongan yang menyasar 40 warga binaan pemasyarakatan (WBP).

Hari ini, Selasa (9/8/2022) ditutup kegiatan pelatihan kemandirian kepada WBP di Lapas Pekalongan. Para WBP yang mengikuti pelatihan menerima sertifikat keterampilan menjahit atau las.

"Perekonomian Kota Pekalongan mulai pulih dan tahun 2021 tumbuh 3,56% setelah hampir 2 tahun stagnan akibat pandemi Covid-19. Semua aktivitas diperketat dengan adanya PPKM, alhamdulillah saat ini kegiatan ekonomi, bisnis, dan sosial mulai berjalan no4mal," ujar Kepala Dinperinaker Kota Pekalongan, Dr Sri Budi Santoso MSi (SBS) saat menutup pelatihan.

Menurut SBS, berbagai pihak perlu mempersiapkan diri. Industri pengolahan batik dan logam/besi memerlukan dukungan kesiapan sumber daya manusia. "Pelatihan keterampilan dinilai penting untuk membekali diri menghadapi perkembangan dan persaingan dunia kerja," kata SBS.



SBS berpesan agar para WBP yang sudah ahli dalam keterampilan menjahit dan mengelas bisa membagikan ilmunya kepada orang lain agar bermanfaat. "Yang sudah mahir bisa mengajarkan ke yang belum mahir. Membagikan ilmu tak ada ruginya," tandas SBS.

Terpisah, Kepala Lapas Kelas II A Pekalongan, Imam Purwanto menyampaikan terima kasih atas kolaborasi Dinperinaker Kota Pekalongan dengan Lapas Kelas II A Pekalongan yang telah bersinergi melaksanakan pelatihan kemandirian ini sebagai tambahan bekal keterampilan bagi WBP. "Harapannya dapat menciptakan tenaga kerja WBP yang terampil dan mandiri sehingga setelah lepas masa tahanan nanti bisa bekerja atau membuka usaha," pungkas Imam.

Sumber : https://pekalongankota.go.id/berita/wbp-miliki-sertifikat-keterampilan-menjahit-dan-las.html